Home Artikel Aplikasi Pestisida Nabati Untuk Mengendalikan OPT Lada di Bangka

Aplikasi Pestisida Nabati Untuk Mengendalikan OPT Lada di Bangka

1,629
SHARE
Aplikasi Pestisida Nabati Untuk Mengendalikan OPT Lada di Bangka

Lada, khususnya penyakit kuning dan penyakit busuk pangkal batang merupakan salah satu masalah utama dalam budidaya lada di Bangka. Pada tingkat serangan berat penyakit ini mampu membunuh tanaman lada sehingga merugikan petani.

Untuk mengendalikan OPT tersebut, Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Dr. Ir. Wiratno beserta staf penelitinya, Tri Eko Wahyono Msc, melakukan demplot pengendalian OPT Lada, khususnya Penyakit Kuning dan Penyakit Busuk Pangkal Batang Lada di kebun lada milik H. Sukri di desa Puput Kec. Simpang Katis Bangka dan perkebunan lada milik H. Syahfudin di Desa Riding Panjang Kec. Belinyu Kab. Bangka.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu kepala BPTP Provinsi Bangka Belitung, Dr. Ir Wahyu Wibawa, beserta staf, staf Dinas Pertanian Provinsi Babel, Drs Miftah, Ir. Yuni Ikawati, wartawan kompas, serta beberapa petani lada yang sangat antusias ingin mengetahui inovasi Badan litbang yang baru diperkenalkan ini.

Dalam sambutannya Kepala Balittro menyampaikan bahwa pestisida nabati “Smartz Plus” selain dapat mengendalikan ke dua penyakit penting tersebut juga dapat mengendalikan hama utama lada seperti penghisap buah, Dasynus piperis., dan penggerek bunga, Dichonocoris hewetti. Saat ini serangan penyakit kuning sudah menyerang sekitar 10% tanaman lada ujar H. Sukri. Apabila penyakit ini tidak dikendalikan dikhawatirkan serangannya akan terus meluas menginveksi tanaman-tanaman lain yang masih sehat sehingga lambat laun kebun lada akan tidak ekonomis lagi dibudidayakan.