Home Artikel Durian Merah Indonesia

Durian Merah Indonesia

129
0
SHARE
Durian Merah Indonesia

Asslamu’alaikum Wr Wb

Melihat perkembangan buah durian yang sangat pesat, baik proses budidaya tanaman durian dan konsumen buah durian. Di Indonesia sangat beranekaragam sekali varietas buah durian yaitu durian montong, durian merah, durian sultan, durian bawor, durian unggul dan durian tembaga, oleh sebab itu tidak ada salahnya jika penulis ingin menulis jenis varietas buah durian yang agak asing dengan buah durian pada umumnya.

Dalam artikel ini penulis memcoba memaparkan pengertian buah durian merah, dan bagaimana cara menanam buah durian merah, apakah bisa kita menanam buah durian dimana kita tinggal.

A. Pengertian Durian Merah

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah” (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Durian juga banyak menjadi efek negatif bagi orang yang tidak kuat dengan kolesterol tinggi, karena bisa mengakibatkan penyakitnya menjadi tambah parah. Jadi bisa dibilang enak sesaat tetapi sakitnya berlama-lama.

Di negara yang cukup luas ini terhadap daerah yang mempunyai khas durian yang warnanya juga unik yaitu Durian Merah. Durian merah terletak di Propinsi Jawa Timur tepatnya di daerah Banyuwangi merupakan suatu kabupaten yang terletak di bagian timur pulau jawa, yang mana di apit oleh pegunungan & laut sehingga berpotensi untuk hasil alamnya, seperti pertanian & perkebunan, dan salah satu yang menjadi daya tarik di perkebunan Banyuwangi, adalah buah Durian Merah yang sangat langka & tidak dimiliki oleh daerah lain.

Durian merah adalah buah asli dari Banyuwangi, dimana memiliki rasa yang khas dari pada buah durian lainya, & di perkaya dengan nilai gizi yang cukup untuk kebutuha tubuh, serta buah Durian Merah memiliki kadar alkohol yg sangat rendah, sehingga tidak menimbulkan rasa khawatir untuk mengkonsumsi durian merah secara berlebihan. Oleh sebab itu durian merah menjadi sasaran para pecinta durian walaupun harganya tidak sama dengan durian yang lainnya (lebih mahal).

B. Cara Menanam Dan Lokasi Menanam Durian Merah

Sama dengan varietas durian pada umumnya, ketinggian tempat untuk bertanam durian yang baik adalah di bawah ketinggian 800 m dpl dengan lahan yang datar rata.

Intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan durian adalah 60-80%. Sewaktu masih kecil (baru ditanam di kebun), tanaman durian tidak tahan terik sinar matahari di musim kemarau, sehingga bibit harus dilindungi/dinaungi.

Tanaman durian tumbuh optimal pada suhu rata-rata 20º-30º C. Pada daerah dengan suhu 15ºC, pertumbuhan durian tidak akan optimal, sedangkan pada suhu di atas 34º C daun durian dapat “terbakar”.

Demikian artikel ini semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Wassalamu’alaikum wr. Wb.

 

DAFTAR PUSTAKA

www.durianmerah.blogspot.com
http://satujalantabulampot.com/buah-lain/durian/durian-merah
http://id.wikipedia.org/wiki/Durian